RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP NEGERI 2 CIPONGKOR
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok : Warta
Alokasi Waktu : 8 JP (4 minggu x 2 JP x 40 menit)
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.2 | Mengidentifikasi struktur teks dan aspek kebahasaan teks warta (berita). | 3.2.1
3.2.2 | Mengidentifikasi bentuk, struktur teks, unsur dan aspek kebahasaan rumpaka kawih. Memahami isi rumpaka kawih. |
4.2 | Mengekspresikan teks warta (berita) dengan memperhatikan irama/tempo, artikulasi, dan lentong kalimat. | 4.2.1
4.2.2 | memperagakan pembacaan warta dengan memperhatikan irama/tempo, artikulasi, dan lentong kalimat. Menanggapi peragaan pembacaan warta basa Sunda. |
Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
menunjukkan perilaku beriman, menghargai kekayaan budaya, mandiri, gotong royong, dan berintegritas;
menunjukkan budaya literasi menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori;
mengidentifikasi struktur teks dan aspek kebahasaan teks warta;
memahami isi, struktur teks dan aspek kebahasaan teks warta; dan
memperagakan teks warta dengan memperhatikan irama/tempo, artikulasi, dan lentong kalimat.
Materi Pembelajaran
Fakta
Konsep
Pengertian warta
Struktur teks warta
Prinsip
Isi warta
Prosedur
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Komunikatif dan Saintifik
2. Metode : Kooperatif Learning, Discovery Learning
3. Teknik : Diskusi, Penugasan, Tanya Jawab, Unjuk Kerja
Alat/Bahan, Media dan Sumber Pembelajaran
Alat/Bahan
Komputer, LCD proyektor, speaker, kertas plano, kertas tempel, spidol, dan doubletape
Media
Teks dan audia/video kawih Sunda
Sumber
Buku Rancagé Diajar Basa Sunda, Penerbit Dunia Pustaka Jaya, 2017;
Buku Wanda Basa Sunda, Penerbit Thursina Media Utama, 2017;
Buku Wiwaha Basa Sunda, Penerbit CV Geger Sunten, 2017;
Majalah dan atau surat kabar yang memuat warta basa Sunda;
Buku referensi lainnya yang menunjang materi komunikasi menggunakan bahasa; dan
Youtube.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Langkah-langkah Pembelajaran | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik; Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat; Untuk menggali konsepsi awal peserta didik guru melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya; Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan antara lingkungan alam dengan dengan materi pembelajaran; Guru memotivasi peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran; dan Guru menyampaikan tehnik penilaian.
| 10 menit |
Inti | Peserta didik mengamati tayangan audio/video rekaman pembacaan warta basa Sunda; Peserta didik membaca teks warta basa Sunda; Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi isi teks warta basa Sunda; Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi teks warta basa Sunda; Peserta didik secara individual menyimpulkan isi teks warta basa Sunda; dan Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari teks warta basa Sunda.
| 60 menit |
Penutup | Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang materi pembelajaran; Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan; Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya. Guru memberikan tugas individual kepada peserta didik untuk berlatih membacakan warta basa Sunda; dan Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.
| 10 menit |
Kegiatan | Langkah-langkah Pembelajaran | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik; Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat; Untuk menggali konsepsi awal peserta didik guru melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya; Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang. Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan antara lingkungan alam dengan dengan materi pembelajaran; Guru memotivasi peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran; dan Guru menyampaikan tehnik penilaian.
| 10 menit |
Inti | Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya berlatih membacakan warta basa Sunda; Peserta didik secara bergiliran membacakan warta basa Sunda di depan kelas; Peserta didik menyampaikan tanggapan terhadap peragaan pembacaan warta basa Sunda oleh peserta didik lainnya;
| 60 menit |
Penutup | Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang materi pembelajaran; Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan; Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya. Guru memberikan tugas kelompok kepada peserta didik untuk berlatih membaca warta basa Sunda; dan Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.
| 10 menit |
Kegiatan | Langkah-langkah Pembelajaran | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik; Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat; Untuk menggali konsepsi awal peserta didik; Guru melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya; Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang. Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan antara lingkungan alam dengan dengan materi pembelajaran; Guru memotivasi peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran; dan Guru menyampaikan tehnik penilaian.
| 10 menit |
Inti | Peserta didik secara bergiliran membacakan warta basa Sunda di depan kelas; Peserta didik menyampaikan tanggapan terhadap peragaan pembacaan warta basa Sunda oleh peserta didik lainnya;
| 60 menit |
Penutup | Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang materi pembelajaran; Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan; Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya. Guru memberikan tugas individual kepada peserta didik untuk membaca, dan mengamati informasi menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori berkaitan dengan materi pembelajaran selanjutnya. Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.
| enit
|
Kegiatan | Langkah-langkah Pembelajaran | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik; Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat; Untuk menggali konsepsi awal peserta didik; Guru melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya; Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang. Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan antara lingkungan alam dengan dengan materi pembelajaran; Guru memotivasi peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran; dan Guru menyampaikan tehnik penilaian.
| 10 menit |
Inti | Peserta didik secara berkelompok membaca teks warta basa Sunda; Peserta didik secara berkelompok mengidentifikasi struktur teks dan aspek kebahasaan teks warta basa Sunda; Peserta didik bertanya jawab tentang struktur teks dan aspek kebahasaan teks warta basa Sunda.
| 60 menit |
Penutup | Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang materi pembelajaran; Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan; Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya. Guru memberikan tugas individual kepada peserta didik untuk membaca, dan mengamati informasi menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori berkaitan dengan materi pembelajaran selanjutnya. Guru menutup pembelajaran dengan mendoakan agar pembelajaran yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.
| enit
|
Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian
Kompetensi Pengetahuan:
TesLisan
Kompetensi Keterampilan:
UnjukKerja
2. Bentuk Instrumen dan Instrumen
Kompetensi Pengetahuan:
Sebutkan struktur isi teks warta!
Sebutkeun rumusan 5W + 1H nu aya dina teks warta
Jelaskeun ciri-ciri bahasa dina teks warta nu bieu dibaca!
Kompetensi Keterampilan:
Baca hiji warta di hareupeun kelas kalawan teteg, panceg, tur daria!
Nama : ...................................
Kelas : ...................................
Sasaran | Aspek | Kriteria | Skala |
Basa | a. Ucapan (artikulasi) | Jentre | 5-15 |
| b. Lentong (tekenan, wirahma, randegan) | Merenah | 5-15 |
Eusi | a. Hubungan eusi | Saluyu | 5-10 |
| b. Mekarkeun eusi | Lengkep | 5-20 |
| c. Pamahaman eusi | Paham | 5-20 |
Tehnik/sikep | a. Pidangan bahan | Ngaguluyur | 5-10 |
| b. Rengkak jeung peta | Saregep/sopan | 5-10 |
Jumlah |
|
| 35-100 |
Peunteun:
a. Alus (80-100)
b. Meujeuhna (60-79)
c. Kurang (35-59)
3. PedomanPenskoran
PenilaianAfektif (NAf.)
PenilaianKognitif (NK)
Skorsoalnomer 1 jeung 2 skalana 1-5
Skorsoalnomer 3 skalana 1-15
SkorMaksimal = ((2X5)+(1X15) = 25
NilaiKognitif = SkorDiperoleh/10
PenilaianPsikomotor (NP)
Nilai Total
Cipongkor, 17 Juli 2021
Mengetahui Kepala Sekolah,
H. Dadang Arifin, S.Pd.M.Si NIP 19630511 198302 1 002 | Guru Mata Pelajaran,
Saepudin Mukti, S.Pd NIP 19731205 201412 1 002 |
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar