SATUAN PENDIDIKAN : SMP NEGERI 2 CIPONGKOR
MATA PELAJARAN : BAHASA SUNDA
KELAS/SEMESTER : VIII/GENAP
TAHUN PELAJARAN : 2018/2019
Standar Kompetensi Lulusan | Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | |
Dimensi | Kualifikasi Kemampuan | ||
Sikap | memiliki perilaku yang mencerminkan sikap: a) beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, b) berkarakter, jujur, dan peduli, c) bertanggungjawab, d) pembelajar sejati sepanjang hayat, dan e) sehat jasmani dan rohani. | KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. KI 2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. | |
Pengetahuan | Faktual, Pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional. Konseptual, Terminologi/ istilah dan klasifikasi, kategori, prinsip, generalisasi dan teori, yang digunakan terkait dengan pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional. Prosedural, Pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu atau kegiatan yang terkait dengan pengetahuan teknis, spesifik, algoritma, metode tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional. Metakognitif, Pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya dalam mempelajari pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional. pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan: 1. ilmu pengetahuan, 2. teknologi, 3. seni, dan 4. budaya. | KI 3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. | 3.5 Mengidentifikasi bentuk, struktur, kaidah, dan aspek kebahasaan guguritan pupuh durma dan mijil. 3.6 Memahami dan mengidentifikasi fungsi sosial, struktur, dan aspek kebahasaan teks memandu acara dalam situasi formal dan non formal. 3.7 Memahami dan mengidentifikasi struktur, unsur, dan aspek kebahasaan carita pondok. 3.8 Memahami dan mengidentifikasi struktur teks dan aspek kebahasaan laporan peristiwa. |
Keterampilan | memiliki keterampilan berpikir dan bertindak: a) kreatif; b) produktif; c) kritis; d) mandiri; e) kolaboratif; dan f) komunikatif. | KI 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. | 4.5 Mengekspresikan guguritan pupuh Durma dan Mijil dengan memperhatikan ekspresi dan teknik vokal. 4.6 Menyajikan teks memandu acara dalam situasi formal dan nonformal dengan memperhatikan ekspresi, dan lagu kalimat (lentong). 4.7 Menanggapi nilai-nilai carita pondok dengan memperhatikan unsur-unsur intrinsik, struktur teks, serta aspek kebahasaan. 4.8 Menanggapi bahasa dan isi laporan peristiwa dengan memperhatikan kerunutan kalimat dan kesantunan berbahasa. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar